Menghentikan Islam Politik

Sabtu, 9 Desember 2017 | 08:38 WIB
0
404
Menghentikan Islam Politik

Mengapa ada tuntutan kembali ke Piagam Jakarta? Mengapa ada tuntutan kembali menegakkan syariat Islam di kalangan Muslim Indonesia? Mengapa ada HTI dan perjuangan mendirikan khilafah?

Ketiga aspirasi Islam itu memang berhasil dikalahkan secara politik formal, tapi sebagai ide dan aspirasi, itu adalah bibit terpelihara. Bibit yang akan terus tumbuh, bersemai dan berkembang di Indonesia, bahkan akan terus menguat.

Bagi jargon "Pancasila sudah final" dan "NKRI harga mati," ketiga aspirasi itu bisa menggerogoti dan dirasakan mengganggu. Tapi bagi pendukungnya itu persoalan yang belum selesai dan ketiganya akan terus disuarakan apalagi atas dasar penggilan agama, gairahnya akan berlipat ganda.

Bila ketiga aspirasi ideologi Islam itu dirasakan mengganggu, bila tak ingin ketiga aspirasi itu tak muncul dan tumbuh lagi, bila keinginan kita sudah saja dasar dan bentuk negara ini terima sebagai final dan jangan pernah diungkit-diungkit, disuarakan, diinginkan dan diperjuangkan lagi, sebenarnya mudah.

Maka kepada negara dan pemerintah saya memberi tahu. Resep dan caranya sederhana dan bisa asal ada political will: Puaskan warna negara dengan TIGA KEADILAN. Keadilan politik, keadilan hukum dan keadilan ekonomi. Itu saja!!

[irp posts="2575" name="Ormas Dibubarkan, Hizbut Tahrir Berpeluang Dikerek Menjadi Martir"]

Saya "jamin," tuntutan dan perjuangan kembali Piagam Jakarta, syariat Islam dan khilafah itu tak akan muncul lagi. Mengapa? Karena ketiga aspirasi itu, atau "pemerintahan agama" itu, sebenarnya adalah proses pencarian jawaban dan alternatif dari problem-problem bangsa yang jangankan membaik dari pemerintahan ke pemerintanan, malah terus memburuk dan pemerintah dan sistem politik yang ada dirasakan gagal.

Logikanya, kalau keadilan politik, hukum dan ekonomi itu terwujud, warga negara dan para perjuang agama akan istirahat, toh tujuannya sudah tercapai karena memang misi agama adalah itu. Apalagi yang harus diperjuangkan bila keadilan politik, hukum dan ekonomi tercipta, berjalan dengan baik dan maksimal sehingga rakyat merasakan sejahtera, tentram dan damai.

Jadi, ketiga aspirasi itu muncul bukan semata-mata memperjuangkan politik Islam. Secara sosiologis, itu semua hanyalah ekses. Ekses dari tidak hadir, tidak terwujud dan tidak terciptanya ketiga keadilan itu. Tidak usah ideal, minimal mendekati saja. Tidak usah mendekati minimal ada usaha yang sungguh-sungguh yang dibuktikan dengan sikap dan konsistensi.

Bila jangankan terwujud, keinginan dan usaha saja tidak tampak dan kelihatan, dengan terus-terusan berbangga menguasai kelompok umat lain, jangan salahkan bila tiga aspirasi ideologi Islam itu akan terus-terusan muncul dan dirasakan menganggu eksistensi Pancasila dan NKRI.

[irp posts="5279" name="Yang Tak Disadari: Konflik Islam-Negara Itu Diciptakan"]

Mengapa? Karena tadi itu, secara sosiologis ketiga aspirasi itu hanya ekses saja. Ekses dari keadilan politik, hukum dan ekonomi yang tidak hadir dan tidak berjalan, bahkan menimbulkan kekecewaan, bahkan menantang-nantang, sengaja tidak dijalankan demi kepentingan syahwat penguasaan atas kelompok lain, apalagi kelompok lain itu meraka merasa sebagai mayoritas atau pribumi.

Maka ini soal niat baik, keadilan sikap, perlakuan dan penguasaan. Bila niat baik bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang wajar, adil dan proporsional tidak ada, maka gunjang-ganjing dan kegaduhan politik tidak akan pernah berhenti dan selesai selamanya.

Jadi, sebenarnya, yang menyebabkan aspirasi-aspirasi Islam politik, atau Islamisme, itu muncul, tetap hidup dan bahkan menguat, sebenarnya pemerintan-pemerintah juga atau penyelenggara pemerintahan. Bagi kelompok Islam politik, ini sebuah pesta. Pesta perayaan aspirasi politik agama yang tetap hidup dan gegap gempita karena emosi agama sebagai common deminator-nya yang melandasi, menjadi fasilitator dan legitimatornya.

Wallahu a'lam.

***