Fahri Hamzah dan Pesta Pernikahan Kahiyang-Bobby Yang Mewah

Kamis, 9 November 2017 | 10:45 WIB
0
419
Fahri Hamzah dan Pesta Pernikahan Kahiyang-Bobby Yang Mewah

Fahri Hamzah sepertinya memang menjadi terkenal berkat komentar-komentarnya yang suka bikin... gimana gitu. Ga di dunia maya, dunia nyata sama saja. Yang terbaru, beliau berkomentar soal pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution yang digelar hari ini, Rabu 8 November 2017 di Solo.

Wakil Ketua DPR itu mengkritik pesta pernikahan yang katanya terlalu banyak mengundang tamu, ribuan undangan. Fahri malah nyaranin agar Jokowi gelar hajatan sederhana saja. Jika perlu Jokowi buat vlog biar semua orang tau putrinya sudah sah menikah.

Lain Fahri lain Fadli Zon yang sempat berkomentar di Twitter tetapi kemudian jadi bulan-bulanan Indonezen (untuk menyebut warganet Indonesia, tetapi isinya setali tiga uang dengan Fahri akibat bekerja satu atap di Senayan. Fadli menyebut Jokowi menikahkan dua anaknya dalam rentang waktu yang rapat selama tiga tahun menjadi Presiden RI.

Menggelitik sih cuitannya, tapi... gimana gitu! Di balik nyinyirnya Pak Fadli mungkin ingin mengabarkan kepada khalayak (terutama jamaahnya) bahwa Pak Jokowi ini ajimumpung.... mumpung jadi Presiden RI menikahkan ketiga anaknya!

Yaelah, pernikahan itu acara yang sakral. Dan kalau bisa cuma sekali seumur hidup saja. Lah, masa pernikahan putri orang nomor satu di Indonesia disuruh bikin pesta kecil-kecilan di rumah. Saya yang cuma rakyat biasa saja pengen suatu saat punya pesta pernikahan mewah tujuh hari tujuh malam terus ngundang ribuan orang. Kalau bisa di luar negeri lagi. Tapi mewujudkan keinginan saya itu hampir pasti tidak mungkin. Anggap saja itu mimpi di siang bolong.

Fahri ngomong gini, dikutip dari Detik.com, "Dulu katanya nggak boleh ngundang pejabat lebih dari 400. Ada katanya dulu revolusi mental, bikin pesta kecil-kecilan saja. Kalau sekarang itu kayak lebih, gitu loh," kata Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa 7 November 2017.

Saya yakin, Fahri yang komentar seperti itu saja belum tentu mau bikin pesta sederhana buat putrinya. Emang bapak mau anak bapak nikah cuma bikin acara pengajian saja di rumah? Ya, jika berkomentar yang bisa diterima akal sehat saja.

Seorang Presiden pasti punya banyak relasi yang harus diundang. Wajar saja sih, angka seribu menurut saya malah kecil untuk seorang pejabat negara.

Lagipula jika indikator mewah hanya bergantung pada angka undangan saja, tentu itu tidak adil. Buktinya, pernikahan Kahiyang-Bobby ini semuanya serba menggunakan milik sendiri. Mulai dari gedung akad dan resepsi milik sendiri, katering, panitia juga direkrut dari keluarga dan kolega Jokowi, begitu yang dikabarkan Tribunnews.

[caption id="attachment_3658" align="alignleft" width="552"] Fahri, Fadli, dan Jokowi (Ilustrasi foto: Tribun Jabar)[/caption]

Apalagi rangkaian pernikahannya digelar di kampung halaman Jokowi, ya, apa bisa dikategorikan mewah? Kalau saya anak Presiden, pasti saya minta  pesta besar di Istana milik negara kayak yang udah-udah gitu. Apa Fahri sudah lupa akan peristiwa lama?

Tapi, makna sederhana itu relatif dan berbeda-beda bagi setiap orang. Mungkin pernikahan Kahiyang—Bobby yang sekarang sangat mewah menurut Fahri. Menurut saya sih ‘sewajarnya’ saja. Buat sekelas anak Presiden itu biasa saja sih. Pak Jokowi juga responnya begitu. Dikutip dari media online yang sama, Jokowi bilang sederhana itu relatif. "Ya, relatif lah yang namanya sederhana itu," katanya di Gedung Graha Saba Buana, Kota Solo, Selasa 7 November 2017.

Jika pesta pernikahan Kahiyang  ini dianggap mewah karena banyak yang hadir, ya namanya juga pesta rakyat. Jokowi juga melibatkan masyarakat. Seperti PKL, tukang becak, hingga pedagang pasar. Lagipula pasti banyak warga kota Solo yang ingin menyaksikan prosesi pernikahan anak seorang Presiden.

Jika saya warga Solo, pasti jumlah orang yang terlibat dalam pernikahan Mbak Kahiyang Ayu nambah satu. Ntar Pak Fahri makin komplain lagi.

Moga Tuhan Yang Maha Esa tetap menjaga kesehatan dan kewarasan Bapak. Aminnn...

***